Mengatur bandwidth jaringan secara efisien adalah hal utama yang di pedulikan oleh banyak enginer jaringan hari ini. Dengan bertambahnya permintaan akan bandwidth, profesional jaringan secara konstan mencari sumber-sumber bagaimana mengoptimalkan resource yang ada, untuk meyakinkan ketersediaan bandwidth dan menghasilkan performa yang tinggi.
Namun lalulintas jaringan menjadi tak terkendali dengan adanya personal Instant Messenger atau Skype, sekarang dengan video streaming dan berimbas langsung pada bandwidth, serta oversubscribe dari link WAN dapat menjadi wabah organisasi dan berakibat buruk bagi akses jaringan. Dengan budget yang terbatas dan tekanan untuk mengurangi biaya IT, menyelesaikan problem ini dengan membeli lebih banyak bandwidth sering bukan sebagai prioritas dari sebuah option. Bagaimanapun, pengukuran dapat di ambil secara efektif mengatur jaringan yang ada sampai peningkatan dan kemudian merawat performa secara optimal.

Untuk meyakinkan performa jaringan, seorang network engineer harus terlibat penuh dalam semua aktifitas yang terjadi dalam jaringannya, khususnya dengan user atau aplikasi yang terkait dengannya, dan bagaimana ianya berimbas kepada bandwidth dan ketersediaan jaringan. Dengan kegiatan ini, network profesional dapat menganalisa utilisasi, kontrol maintain dan bertemu dengan kualitas level layanan.

Mengalamatkan kejadian yang biasa terjadi yang mengkonsumsi bandwidth

Beberapa sebab umum akibat negatif bandwidth dalam lingkungan enterprise adalah dengan adanya monopoli  bandwidth. Secara komprehensif,  analisa jaringan dapat mengidentifikasi banyak darinya, termasuk :

  1. Aplikasi Peer-to-peer (P2P), (sebagai contoh Gnutella dan eDonkey)
  2. Kesalahan konfigurasi koneksi antara server dan klien
  3. Skype atau Software personal IM
  4. Remote Bagkup atau download-download
  5. Video Streaming yang berterusan
  6. Kesalahan konfigurasi alat infrastruktur (seperti router dan switch MTUs, setting port duplex pada switch dll)
  7. Email dengan data atau dokumen  dengan atachment file besar
  8. Protokol-protokol yang tidak di inginkan/ tidak perlu
  9. Akses ke surat berita/ website dengan animasi atau grafis yang tinggi

Identifikasi dari aktifitas-aktifitas ini adalah yang utama dan langkah paling penting untuk menyelesaikan permasalahan bandwidth ini, sebab umumnya sekali di identifikasi, langkah untuk meyelesaikannya bisa dilakukan secara langsung.

(bersambung)