Salam Sejahtera,

Sahabat sekalian, Tahun 2020 akan kita tinggalkan, dan besok akan benar-benar meninggalkan kita, sedangkan kita mungkin belum bersiap-siap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi di tahun depan (baca: besok).
Nah, Gartner memberikan bocoran dan pandangan terkait tren teknologi apa yang akan berkembang di tahun depan. Mungkin kita bisa membangunnya dari sekarang, di bagian manakah diri kita sekarang. Apabila, seyogyanya kita bersegera untuk menyambut segala macam perubahan tersebut.

Ada 3 hal yang akan menyebabkan seseorang secara pribadi atau perusahaan bisa sukses menghadapi tahun depan adalah :

  • People Centricity, artinya orang atau people sebagai pusat segala aktifitas bisnis baik secara pribadi ataupun organisasi
  • Location Independent, ketidak bergatungan kepada lokasi. Artinya, kita dalam melakukan segala macam aktivitas bisnis tidak bergantung kepada tempat tertentu. Bisa dimana saja dan kapan saja.
  • Resilient delivery: pengiriman yang prima. Artinya, teknologi pengiriman barang dan jasa haruslah menjadi concern dari setiap orang yang beraktivitas bisnis.

Adapun beberapa tred teknologi yang akan membackup ketiga hal di atas adalah :

  1. Internet of Behaviors. Maksudnya adalah menggunakan data untuk mengubah “perilaku”, sebut saja dengan IoB (Internet of Behaviors).
  2. Total Experience. Maksudnya adalah mengkombinasikan segala macam experience atau pengalaman-pengalaman, baik itu customer experience, employee experience dan user experience dalam menghasilkan sesuatu dalam sebuah bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keseluruhan experience yang mana semua experience ini saling bersinggungan.
  3. Privacy-enhancing computation.
  4. Distributed cloud
  5. Anywhere operations
  6. Cybersecurity mesh
  7. Intelligent composable business
  8. AI engineering
  9. Hyperautomation